Resep Membuat Kue Awug Awug Tradisional Nikmat


Resep Membuat Kue Awug Awug Tradisional Nikmat – Kue tradisional yang masih masuk ke dalam deretan kue khas nusantara adalah kue awug awug, yaitu kue yang berasal dari olahan tepung dan tepung ketan. Kue ini memiliki ciri khas tersendiri yang bisa dikatakan berbeda dan tidak ada duanya yaitu bercirikan warna putih dan merha dari hasil pembuatan adonan awug awug yang dipisah menjadi dua di mana adonan awug pertama dicampur dengan pewarna makanan merah sedangkan adonan awug yang kedua dibiarkan netral tanpa pewarna. Kemudian ditumpuk dalam satu cetakan loyang sehingga menghasilkan kue awug awug lapis denga dua tampilan warna yaitu merah dan putih. Pada penyajianya kue awug diolah dengan dikukus matang seperti pada kue kukus dan hasilnya adalah kue awug awug dengan tekstur empuk dan sedikit kenyal serta rasa manis yang dominan. Selain itu jua terdapat rasa gurih dari hasil campuran kelapa parut pada adonan kue awug awug.

Kue tradisional awug awug memiliki dua jenis sajian dari daerah yang berbeda tetapi masih dengan nama yang sama yaitu awug. Awug awug seperti pada resep membuat kue awug awug tradisional nikmat yang akan kita coba buat ini adalah awug awug khas Jogja atau Jawa Tengah sedangkan awug awug lainnya adalah awug asli Jawa Barat dengan tampilan ciri khas lain yaitu berbentuk kerucut dengan balutan daun pisang atau tanpa menggunakan cetakan loyang tetapi masih sama-sama dikukus. Berikut adalah langkah pembuatan awug awug versi Jogja atau Jawa Tengah.

mangcook.com

Resep Membuat Kue Awug Awug Tradisional Nikmat
Komposisi Awug Awug

  •     Tepung beras, 125 gram
  •     Tepung ketan, 125 gram
  •     Kelapa parut kasar, 250 gram
  •     Gula pasir, 150 gram
  •     Garam dapur, ½ sendok teh
  •     Air matang, 6 sdm
  •     Food coloring (merah), secukpnya

Langkah Membuat Kue Tradisional Awug Awug Nikmat

  1. Campurkan bahan-bahan seperti kelapa, garam, gula, tepung ketan dan tepung beras lalu tambahkan dengan air. Aduk-aduk sampai menjadi butiran adonan awug.
  2.  Selanjutnya adonan awug yang sudah dibuat dipisah menjadi dua wadah. Adonan awug pada wadah pertama diberi campuran pewarna makanan merah dan adonan awug pada wadah lainnya dibiarkan netral.
  3. Setelah itu, masukkan adonan awug yang tidak diberi campuran pewarna makanan (netral) ke dalam loyang yang biasa digunakan untuk mencetak awug kemudian tambahkan dengan adonan awug yang sudah diberi campuran pewarna makanan merah hingga menjadi dua lapis awug.
  4. Masukkan adonan awug yang sudah dalam cetakannya ke dalam pengukusan dan tunggu sampai matang. Angkat.
  5. Keluarkan awug dari cetakannya dan potong hingga 15 bagian sebelum disajikan.

Kue tradisional awug awug sudah jadi dan siap untuk disuguhkan.